MODUL PRAKTIKUM GEOMETRI
PENGENALAN
WINGEOM
Setelah mempelajari bab 1 ini,
diharapkan:
1. Pembaca mengenal secara umum Program Wingeom
2. Pembaca dapat menginstall dan menjalankan Program Wingeom
3. Pembaca mengenal fasilitas-fasilitas Program Wingeom 2-dim
4. Pembaca mengenal fasilitas-fasilitas Program Wingeom 3-dim.
1.1
Tentang Program Wingeom
Program Wingeom merupakan
salah satu perangkat
lunak komputer matematika dinamik
(dynamic mathematics software)
untuk topik geometri. Program ini
dapat digunakan untuk
membantu pembelajaran geometri
dan pemecahan masalah geometri. Program Wingeom merupakan program yang
dapat diperoleh dan digunakan
secara gratis (totally
freeware ), dengan mengunduh
(download) dari website:
Gambar
1.1.1 Website Wingeom
Program Wingeom dibuat oleh Richard Parris. Program ini
dijalankan under windows. Secara umum
ada dua versi Wingeom, yaitu
yang dijalankan dengan Windows 3.1 (versi compile terakhir:
2 Agustus 2001)
dan yang dijalankan dengan Windows
95/98/ME/2K/Vista (versi
compile terakhir saat
buku ini disusun tangga
4 April 2008). Program Wingeom yang
dibahas dan digunakan dalam buku
ini adalah versi
compile 4 April
2008. Program ini
selalu diupdate
fasilitas-fasilitasnya, yang dapat dilihat dalam website di atas.
Program ini memuat
Program Wingeom 2-dim , untuk
geometri dimensi dua dan Wingeom
3-dim untuk geometri dimensi
tiga, dalam jendela
yang terpisah. Di samping
itu juga memuat
Progroam untuk geometri hiperbolis dan geometri
bola. Fasilitas Program Wingeom yang
cukup lengkap, baik
untuk dimensi dua maupun dimensi tiga. Salah satu fasilitas yang menarik
yang dimiliki program ini adalah
fasilitas animasi yang
begitu mudah. Misalnya
benda-benda dimensi tiga dapat diputar, sehingga visualisainya akan
nampak begitu jelas.
1.2 Menginstall dan Menjalankan Program Wingeom
1.2.1
Menginstall Program
File program dapat
diunduh dari website
di atas. File
program hasil download dari
internet berupa file: wg32z. ( 968 KB). File ini masih dalam bentuk yang
dipadatkan (compress), tapi file ini dilengkapi dengan Winzip self-extractor,
sehingga dengan mengklik dua kali pada file tersebut, akan muncul jendela kecil
seperti dalam gambar 1.2.1 di bawah ini.
Gambar
1.2.1 Jendela WinZip Self-Extractor
File akan diurai
dan disimpan secara
otomatis pada folder
C:\peanut, dengan mengklik unzip.
Tetapi jika diinginkan file diurai dan disimpan pada folder yang lain, dapat
mengganti tulisan c:\peanut dengan alamat folder yang diinginkan, atau
dengan mengklik browse
dan memilih folder,
kemudian klik unzip.
Selanjutnya pada folder C:\peanut atau yang diinginkan tadi akan
diperoleh satu file Wingeom (berukuran
sekitar 2,176 MB
dengan type application),
dan file program
siap dijalankan.
Dalam buku ini disertakan file program yang sudah diurai,
sehingga tinggal memindahkannya
dalam harddisk dengan
meng-copy-kan file ke
folder yang diinginkan, dan
program siap dijalankan.
1.2.2
Menjalankan Program Wingeom
Dengan melakukan klik dua kali pada file yang telah
didapatkan dengan cara di atas, maka jendela program Wingeom akan muncul
seperti dalam Gambar 1.2.2 di bawah ini. Gambar 1.2.2 Tampilan Jendela
Wingeom.Agar lebih mudah dalam membuka program dapat dibuat shortcut di
desktop Jendela utama Wingeom memuat dua
menu utama yaitu Window dan Help. Menu
Window memuat beberapa
submenu seperti yang
tercantum pada Tabel 1.2.1 di bawah ini.
Tabel
1.2.1 Submenu pada Menu Window
Submenu
|
Fungsi
|
2-dim
|
Membuka program
Wingeom untuk geometri dimensi dua.
|
3-dim
|
Membuka program
Wingeom untuk geometri dimensi tiga.
|
Hyperbolic
|
Membuka program
Wingeom untuk geometri hiperbolik
|
Sperical
|
Membuka program
Wingeom untuk geometri bola.
|
Voronai
|
Membuka program
Wingeom untuk diagram voronai.
|
Guess
|
Membuka program Wingeom untuk
memprediksikan
macam-macam transformasi yang
mungkin dengan menggunakan dua buah segitiga
|
Tesselation
|
Membuka program
Wingeom untuk menampilkan macam–macam pengubinan dari bangun-bangun geometri
dimensi dua.
|
RGB
demo
|
Membuka program
Wingeom untuk simulasi pencampuran warna RGB
|
Open
last
|
Membuka file
yang terakhir dibuka
saat program dijalankankembali.
|
Use
Default
|
Mengembalikan
tampilan ke settingan awal.
|
Exit
|
Keluar dari
program Wingeom.
|
Menu Help terdiri dari submenu help, tips dan about. Submenu
help beisi tentang keterangan penggunaan program secara umum, submenu tips
menampilkan tip-tip dalam menjalankan program Wingeom, sedangkan submenu about berisi tentang
informasi identitas dan
sumber program Wingeom. Tampilan
jendela submenu About dapat
dilihat pada Gambar 1.2.3 berikut ini :
Gambar
1.2.3 Tampilan Menu About
Untuk
menjalankan sub menu
2-dim dapat dilakukan
dengan meng-klik: Window >
2-dim (tanda “>” di
sini berarti “dilanjutkan”), maka
akan muncul tampilan jendela
2-dim seperti Gambar 1.2.4 berikut.
Gambar
1.2.4 Tampilan Jendela 2-dim
Untuk
menjalankan sub menu
yang lain seperti 3-dim, Voronoi,
Guess, Tesselation, dapat
dilakukan dengan cara yang sama seperti untuk 2-dim di atas. Jika sub menu 3-dim dijalankan, maka akan muncul jendela
dengan tampilan seperti dalam Gambar 1.2.5 berikut:
Gambar
1.2.5 Tampilan Jendela 3-dim
1.3
Fasilitas Program Wingeom 2-dim
Jendela 2-dim, (program
Wingeom untuk geometri
dimensi dua), menyediakan beberapa menu
yang dapat dilihat
dalam tampilan pada
Gambar 1.2.4 di atas. Ada 13 menu dalam jendela 3-dim, yang akan dibahas
secara ringkas berikut ini.
1.3.1
File
Menu file memuat beberapa sub menu yang terkait dengan
pengolahan file seperti yang dirangkum
dalam Tabel 1.3.1
di bawah ini.
Secara umum setiap menu dalam Program Wingeom diberikan
suatu keterangan dalam sub menu Help (untuk masing-masing menu).
Tabel
1.3.1 Menu File pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
New
|
Membuat file wg2 baru.
|
Open
|
Membuka file .wg2 yang tersimpan.
|
Save
|
Menyimpan file wg2 yang sedang aktif.
|
Save as
|
Menyimpan file wg2 yang aktif dengan nama baru.
|
Print
|
Mencetak tampilan >gambar file wg2 yang sedang aktif.
|
Format
|
Memformat tampilan yang akan
di-print.
|
Select printer
|
Mengatur tampilan
kertas yang akan
di-print dan option-option pada page setup.
|
Copy to clipboard
|
Mengkopi tampilan
file wg2 yang sedang
aktif dan menyimpannya dalam clipboard.
|
With back color
|
Mengkopi tampilan
file wg2 yang sedang
aktif wg2 dengan warna latar
belakangnya
|
High resolution
|
Mengatur gambar dalam resolusi tinggi
|
Save as metafile
|
Menyimpan gambar sebagai file EMF
|
Image size
|
Menampilkan ukuran gambar yang kita
inginkan
|
Bitmap to clipboard
|
Mengkopi tampilan
file wg2 yang sedang
aktif sebagai file
dalam format bitmap
|
password
|
Memberikan password
pada file yang kita
buat (simpan), untuk memproteksi beberapa pilihan.
|
Author
|
Menampilkan keterangan
nama pembuat file (akan
muncul jika file diberi
password)
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang
keterangan menu file.
|
Keterangan :File
Wingeom 2-dimensi disimpan dengan ekstensi wg2
1.3.2 Point
Menu Point memuat
sub menu yang terkait
dengan penyusunan dan pengoalahan titik,
misalnya bagaimana Melukis
titik, meletakan titik
pada posisi yang kita
inginkan dan lain-lain.
Keterangan tentang menu
Point dicantumkan dalam dapat
dilihat dalam Tabel 3 di bawah ini.
Tabel
1.3.2 Menu Point pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
On Segment
|
Melukis titik pada suatu ruas garis, dengan
perbandingan tertentu
|
on Circle
|
Melukis titik pada suatu ruas lingkaran,
dengan sudut tertentu
|
in Triangle
|
Melukis titik pada sebuah segitiga, dengan perbandingan tertentu
terhadap sisi-sisinya
|
on Polygon
|
Melukis titik pada sebuah segibanyak, dengan menggunakan
mouse atau dengan menggunaakan koordinat
|
Coordinates
|
Melukis bidang koordinat
|
Intersection
|
Melukis titik potong garis dengan garis, lingkaran dengan
lingkaran, garis dengan lingkaran, submenu
berikut:
|
Line-line
Circ-circ
o
Mixed
|
Melukis titik potong garis dengan garis
Melukis titik potong lingkaran dengan
lingkaran
o
Melukis
titik potong garis dengan lingkaran
|
Random Point
|
Melukis titik sembarang pada ruas garis atau lingkaran, submenu
berikut:
|
o
on-Segment
o
on-circ
|
o
Melukis
titik sembarang pada ruas garis
o
Melukis
titik sembarang pada lingkaran
|
Special
|
Melukis titik-titik khusus, seperti titik pusat lingkaran dalam,
lingkaran luar, titik fermat, dsb, submenu berikut:
|
o
Circumcenter
o
Incenter
o
Orthocenter
o
Fermat
point
o
Brocard
point
o
Polygon
centroid
o
Vertex
centroid
|
o
Melukis
titik pusat lingkaran luar untuk segitiga (tiga titik) yang diberikan
o
Melukis
titik pusat lingkaran dalam untuk segitiga (tiga titik) yang diberikan
o
Melukis
titik potong garis tinggi untuk segitiga (tiga titik) yang diberikan
o
Melukis
titik Fermat untuk segitiga (tiga titik) yang diberikan, yaitu titik F (untuk
segitiga ABC) yang meminimalkan AF +BF + CF.
o
Melukis
titik Brocard untuk segitiga (tiga titik) yang diberikan, yaitu titik P
(untuk segitiga ABC) yang membuat sudut <PAB, <PBC dan <PCA sama
besar
o
Melukis
titik berat segibanyak dengan merata-rata koordinat titik sudut segibanyak
o
Melukis
titik berat segibanyak dengan mencari pusat gravitasi segibanyak, dengan
mengasumsikan poligon konveks.
|
Paste
|
Menempelkan teks yang sudah disimpan dalam clipboard
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu Point.
|
1.3.3
Line
Menu Line memuat
beberapa sub menu
tentang penyusunan dan pengolahan garis
misalnya menggambar ruas
garis, meletakkan ruas
garis pada posisi yang
kita inginkan dan
lain-lain. Keterangan tentang
menu Linear dapat dilihat dalam Tabel 1.3.3 di bawah ini.
Tabel
1.3.3 Menu Line pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Segments
|
Melukis ruas garis untuk 2 titik yang
diberikan
|
Lines
|
Melukis garis untuk 2 titik yang diberikan
|
Rays
|
Melukis sinar garis untuk 2 titik yang
diberikan
|
Parallels
|
Melukis garis yang sejajar pada ruas atau garis dan melalui
titik
tertentu.
|
Angle
|
Melukis sudut , submenu berikut:
|
§ New angles
§ Bisect old
|
§ Melukis sudut baru dengan sinar asal dan
besar sudut tertentu
§ Melukis garis bagi sudut untuk sudut yang
diberikan
|
Perpendiculars
|
Melukis garis yang tegak lurus, submenu
berikut:
|
§ Altitudes
§ Perp bisectors
§ General
|
§ Melukis garis yang tegak lurus sebuah garis
dan dari titik tertentu.
§ Melukis garis yang tegak lurus sebuah garis
dan melalui titik tengahruas garis tersebut.
§ Melukis garis yang tegak lurus sebuah garis
dan melalui titik tertentu.
|
Tangents
|
Melukis garis singgung titik-lingkaran atau lingkaran-lingkaran,
submenu berikut:
|
§ Point-circ
§ Circ-circ
§ Point-conic
|
§ Melukis garis singgung titik dan lingkaran
§ Melukis garis singgung lingkaran dan
lingkaran
§ Melukis garis singgung titik dan conic
(irisan kerucut)
|
Equation
|
Melukis garis dengan menggunakan persamaan
(axis harus aktif)
|
Vector sum
|
Melukis jumlahan vector untuk 2 vektor dan
titik asal yang diberikan
|
Extensions
|
Melukis perpanjangan ruas garis yang telah
diberikan
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu Line.
|
1.3.4
Circle
Menu Circle memuat beberapa sub menu tentang lingkaran. Menu
Circle dapat dijalankan jika
ada lingkaran yang
telah dibuat. Menu
Circle dapat digunakan untuk
menambahkan bidang lengkung
pada suatu bangun
ruang. Keterangan tentang menu Curved dapat dilihat dalam Tabel 1.3.4 di
bawah ini.
Tabel 1.3.4 Menu Circle pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Circumcircle
|
Melukis lingkaran luar untuk tiga titik yang diberikan
|
Incircle
|
Melukis lingkaran dalam untuk tiga titik yang diberikan
|
Radius-center
|
Melukis lingkaran dengan titik pusat dan jari-jari atau titik
yang
diberikan, atau melukis busur dengan titik awal dan besar sudut
atau titik akhir tertentu
|
Poincare
|
Melukis busur Poincare pada suatu lingkaran
|
Excircle
|
Melukis lingkaran diluar suatu segitiga yang menyentuh salah
satu sisi dan menyentuh perpanjangan dua sisi yang lainnya.
|
Tangent
circle
|
Melukis tiga lingkaran yang saling bersinggungan dengan 3 titik
yang diberikan sebagai titik pusat
|
Soddy
circle
|
Melukis lingkaran Soddy
|
Equation
|
Melukis lingkaran dengan menggunakan persamaan (axis harus
aktif)
|
Help
|
Menampilkan
informasi tentang menu Circle.
|
1.3.5
Unit
Menu Unit memuat
beberapa sub menu
untuk menampilkan bangun bidang datar tertentu. Misalnya
menggambar segitiga, segibanyak dengan ukuran tertentu dan
lain-lain. Keterangan tentang
menu Unit dapat
dilihat dalam Tabel 1.3.5 di bawah ini.
Tabel 1.3.5 Menu Unit pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Triangle
|
Melukis segitiga untuk beberapa besaran yang diberikan, submenu
berikut:
|
§ ASA
§ SAS
§ SSS
§ HL
|
§ Melukis segitiga dengan memberikan besar
Sudut, Sisi, Sudut
§ Melukis segitiga dengan memberikan besar
Sisi, Sudut, Sisi
§ Melukis segitiga dengan memberikan besar
Sisi, Sisi, Sisi
§ Melukis segitiga dengan memberikan besar
Sisi miring dan Sisi lengan
|
Polygon
|
Melukis segibanyak beraturan, jajaran genjang , layang-layang,
bintang untuk beberapa besaran yang diberikan, submenu berikut:
|
§ Regular
§ Parallelogram
§ Isosceles trapezoid
§ Kite
§ Star
§
Attach
Ø Regular
Ø Figure
|
§ Melukis segibanyak beraturan dengan
memberikan banyaknya sisi dan panjang sisi
§ Melukis jajaran genjang dengan memberikan
besar Sisi, Sudut, Sisi.
§ Melukis trapesium sama kaki dengan
memberikan besar Sisi, Sudut, Sisi.
§ Melukis layang-layang dengan memberikan
besar Sisi, Sudut, Sisi.
§ Melukis bangun bintang dengan memberikan
banyak titik, keterhubungan dan panjang sisi
§ Menempelkan sebanyak pada ruas garis yang
diberikan, aturan pelabelan mengikuti arah jarum jam
Ø Menempelkan segibanyak beraturan pada ruas
garis yang diberikan
Ø Menempelkan segibanyak pada ruas garis yang
diberikan
|
Random
|
Melukis berbagai bangun datar sembarang, submenu berikut
|
§ Triangle
§ Circle
§ Isosceles triangle
§ Right triangle
§ Rectangle
§ Parallelogram
§ Rhombus
§ Kite
§ Inscribed polygon
§ Convex polygon
§ Trapezoid
§ Isosceles trapezoid
§ Coaster
|
§ Melukis segitiga sembarang
§ Melukis lingkaran sembarang
§ Melukis segitiga samakaki sembarang
§ Melukis segitiga siku-siku sembarang
§ Melukis persegi panjang sembarang
§ Melukis jajaran genjang sembarang
§ Melukis belah ketupat sembarang
§ Melukis laying-layang sembarang
§ Melukis segi banyak sembarang dengan
memberikan banyak titik sudut, yang titik sudutnya menyentuh lingkaran yang
melingkupinya
§ Melukis segi banyak konveks sembarang
§ Melukis trapesium sembarang
§ Melukis trapezium sama kaki sembarang
§ Menampilkan berbagai daerah bangun
segibanyak
|
Segment
|
Melukis ruas garis dengan panjang tertentu
|
Grid
|
Melukis
kisi dengan besaran-besaran tertentu yang diberikan
|
3-Point conics
|
Melukis irisan kerucut dengan diketahui 3 titik tertentu
|
5-Point conics
|
Melukis irisan kerucut yang melaui 5 titik
|
Array of circles
|
Melukis barisan lingkaran
|
§ Rectangular
§ Triangle
§ Chain
|
§ Melukis barisan lingkaran dalam bentuk
baris dan kolom
§ Melukis barisan lingkaran dalam bentuk
segitiga
§ Melukis barisan lingkaran dalam bentuk
rantai
|
Duplicate
|
Menduplikasi gambar dengan perbesaran tertentu
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu Unit.
|
1.3.6
Transf
Menu Transf memuat beberapa sub menu perintah transformasi
yang dapat kita lakukan pada
bangun datar. Misalnya
merotasikan suatu segitiga
dengan pusat rotasi tertentu dan besar sudut tertentu, mentranslasikan
ruas garis, dan lain-lain.
Keterangan tentang menu
Transf dan fungsi
submenu di dalamnya
dapat dilihat dalam Tabel 1.3.6 di bawah ini.
Tabel 1.3.6
Menu Transf pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Translate
|
Melukis hasil translasi suatu bangun dengan perbesaran dan arah
tertentu
|
Rotate
|
Melukis hasil rotasi suatu bangun dengan pusat, sudut dan
perbesaran tertentu
|
Dilatate
|
Melukis hasil dilatasi suatu bangun dengan pusat, sudut dan
perbesaran tertentu
|
Glide-reflect
|
Melukis hasil pencerminan-geser suatu bangun dengan pergeseran
dan arah tertentu
|
Last repeat
|
Mengulang transformasi terakhir yang
dilakukan
|
Mirror
|
Melukis hasil pencerminan suatu bangun dengan sumbu cermin suatu
ruas garis tertentu
|
Invert
|
Melukis hasil pencerminan suatu bangun dengan sumbu cermin suatu
lingkaran tertentu
|
Save labels
|
Selalu menuliskan label hasil transformasi, meskipun berimpit
|
Atribute copy
|
Mempertahankan atribut yang sudah dibuat dalam hasil
transformasinya
|
Fill copy
|
Mempertahankan pewarnaan daerah bangun datar dalam hasil
transformasinya
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu transf.
|
1.3.7
Edit
Menu Edit memuat beberapa sub menu tentang peng-edit-an
Misalnya membatalkan pekerjaan
yang baru saja dilakukan,
menghapus titik yang
telah dibuat dan
lain-lain. Keterangan tentang menu Edit dapat dilihat dalam Tabel
1.3.7 di bawah ini :
Tabel 1.3.7 Menu Edit pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Undo
|
Membatalkan pekerjaan yang baru saja dilakukan.
|
Redo
|
Menampilkan kembali pekerjaan yang baru saja dibatalkan.
|
Labels
|
Memuat beberapa
sub menu peng-editan pada label bangun datar yang sudah dibuat, submenu berikut:
|
Letters on/of
Home
Offset
Font
Opaque
Color
Move color
Swap
Dot mode
Bullet size
Individual
|
Menampilkan atau tidak menampilkan label
titik
Menampilkan label titik pada posisi semula
Menampilkan label agar tidak berimpit
dengan titik
Mengatur jenis dan ukuran font label
Menampilkan label di atas titik
Mengatur warna label
Mengatur warna label titik saat titik
digeser
Menukar label dua buah titik
Mengatur tampilan noktah suatu titik
Mengtur ukuran noktah suatu titik
Mengatur pilihan tampilan noktah untuk
titik-titik tertentu
|
Highlights
|
Memuat beberapa
sub menu peng-editan pada bangun datar yang sudah dibuat, submenu berikut:
|
Line attributes
Circle attributes
Fill region
|
Mengatur ketebalan, warna dan gaya garis
Mengatur ketebalan, warna dan gaya lingkaran
Mewarnai atau mengarsir suatu poligon atau lingkaran
|
Marking
_ tick
_ arrow
_ angle
arch
_ perp
bracket
_ ray/vector
_ directed
angle
|
Memberikan tanda-tanda tertentu pada bangun
datar, dengan type berikut:
_ garis pendek di tengah
garis
_ mata panah di tengah
garis
_ tanda sudut
_ tanda sudut
_ tanda panah pada ujung
sinar atau vektor
_ tanda sudut berara
|
Tick lengt
Arrowlength
Arc radius
Braket length
|
Mengatur ukuran garis pendek di tengah
garis
Mengatur ukuran mata panah di tengah garis
Mengatur ukuran tanda sudut
Mengatur ukuran tanda sudut
|
Delete
|
Menghapus obyek yang sudah dibuat seperti titik, garis dan
lingkaran, submenu berikut
|
Point
Line
Circle
All line
Text
|
Menghapus titik yang dipilih
Menghapus garis yang dipilih
Menghapus lingkaran yang dipilih
Menghapus semua garis
Menghapus semua text
|
Pen attributes
|
Mengatur ketebalan, gaya dan warna gambar
|
Coordinates
|
Melukis titik dengan memasukkan koordinatnya
|
Header ...
|
Menuliskan text yang akan muncul dibagian atas history.
|
Decimal ...
|
Mengatur tempat desimal pada menu measurement.
|
Function ...
|
Mendefinisikan suatu fungsi
|
Macro
Define
Open macro window
Apply
Undo
Replay
|
Mendefinisikan suatu makro
Mendefinisikan macro
Membuka jendela macro
Menggunakan macro
Membatalkan macro
Menjalankan kembali macro
|
Randomize
|
Menampilakan gambar baru secara acak.
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu edit.
|
1.3.8 Measurement
Menu measurement
digunakan untuk mencantumkan
ukuran-ukuran tertentu yang dapat ditampilkan pada jendela wg2. Misalnya
ukuran panjang suatu ruas garis, jarak
antara dua titik,
luas suatu bidang
dan lain-lain. Perintah diketikan pada jendela meas yang
tampil. Keterangan tentang perintah pada menu Meas dapat dilihat dalam Tabel
1.3.8 di bawah ini :
Tabel
1.3.8 Perintah pada Menu Meas pada
jendela 2-dim
Perintah (misalkan)
|
Ukuran yang ditampilkan
|
AB
|
panjang ruas garis AB
|
<ABC
|
besar sudut ABC
|
ABC
|
luas daerah ABC
|
ABCDE
|
luas daerah ABCDE
|
AB+BC
|
panjang ruas garis AB ditambah panjang ruas garis BC
|
[per](ABCD)
|
keliling segibanyak ABCD
|
AB/AC
|
rasio panjang AB dan AC
|
AB*AC
|
panjang AB kali panjang AC
|
[sq](AB)
|
akar dari panjang AB
|
A
|
koordinat titik A
|
[x](A)
|
absis titi A
|
[sin](<ABC)
|
nilai sinus sudut ABC
|
[arc](ABC)
|
panjang busur dengan jari-jari BA dan sudut pusat ABC
|
[pie](AB)
|
luas daerah lingkaran dengan jar-jari AB
|
[pie](ABC)
|
luas daerah bagian lingkaran dengan jari-jari BA dan sudut
pusat ABC
|
[slope] (A,B)
|
gradien garis AB
|
[eqn](A, B)
|
persamaan garis dengan gradien dan titik potong sumbu-y
untuk ruas garis AB.
|
[rad](<ABC)
|
ukuran radian untuk sudut ABC
|
[pi]
|
menampilkan nilai pi
|
[phi]
|
menampilkan nilai golden rasio
|
[per](A->K)
|
keliling segi banyak ABCDEFGK
|
Dengan cara yang sama dapat juga berlaku
untuk fungsi-fungsi: cos, tan, sec, csc, cot, arcsin, arcos, arctan, sq
(square), sqr (square root), int, frac, sgn,abs, exp, ln, log. Untuk mode-radian digunakan perintah:
sinr, cosr, tanr, secr, cscr, cotr,
arcsinr, arccosr, arctanr.
1.3.9
Btns
Menu Btns memuat beberapa sub menu tentang buttons, yaitu
menu untuk mengatur fungsi “klik” kanan dan kiri pada mouse. Keterangan tentang
menu Btns dapat dilihat dalam Tabel 1.3.9 di bawah ini :
Tabel
1.3.9. Menu Btns pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Segments
|
Mengatur fungsi mouse untuk melukis ruas garis
|
Rays
|
Mengatur fungsi mouse untuk melukis sinar garis
|
Lines
|
Mengatur fungsi mouse untuk melukis garis
|
Circles
|
Mengatur fungsi mouse untuk melukis lingkaran
tie text Mengikat text pada
|
Drag vertices
|
Mengatur fungsi mouse untuk menggerakkan titik
|
Text
|
Mengatur fungsi mouse untuk menuliskan text
|
opaque background
|
Text berada di depan bidang gambar (tidak tembus)
|
hyphen_ ASCII
|
Mengatur tanda hubung dengan karakter ASCI tertentu
|
text angle
|
Sudut kemiringan text (derajat)
|
font
|
Membuka jendela font, untuk memilih font
|
Paste from clipboard
|
Mengatur fungsi mouse untuk menempelkan obyek yang tersimpan
dalam clipboard
|
XY coords
|
Mengatur fungsi mouse untuk menempatkan titik yang diklik di
tengah-tengah bidang koordinat
|
Rotation
|
Mengatur fungsi mouse untuk menempatkan titik sebagai rotasi
titik-titik di sekitarnya
|
Toolbar
|
Memunculkan jendela toolbar
|
Lattice-point mode
|
Melukis titik-titik yang ada ke dalam koordinat-koordinat bulat
terdekat.
|
Enable deletion by
redrawing
|
Mempertahankan fungsi mouse yang telah dilakukan
untuk penggambaran ulang
|
Randomize sliding points
|
Mengacak letak titik yang ada pada ruas garis atau
lingkaran
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu Btns
|
1.3.10
View
Menu View memuat
beberapa sub menu
tentang tampilan gambar
yang kita buat. Keterangan
tentang menu View
dapat dilihat dalam
Tabel 1.3.10 di bawah ini :
Tabel
1.3.10 Menu View pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
Window
|
Menempatkan
gambar di tengah-tengah jendela
|
View
|
Mengatur titik tengah dan lebar jendela
|
Zoom
In
Out
Factor
|
Memperbesar atau memperkecil tampilan gambar, submenu berikut:
Memperbesar tampilan gambar
Memperkecil tampilan gambar
Memperbesar atau memperkecil tampilan
gambar dengan
memasukkan faktor dilatasi
|
Shift
Right
Left
Up
Down
Percentage
|
Mengeser gambar , submenu berikut:
Mengeser gambar
ke kanan
Mengeser gambar
ke kiri
Mengeser gambar
ke atas
Mengeser gambar
ke bawah
Mengatur prosentase pergeseran gambar dengan layar
|
Last window
|
Mengembalikan jendela pada pengaturan sebelumnya
|
Grid
axes
ticks
interval
scale
places
frequency
pi
arrows
dots
labels
tick length
rectangular grid
polar grid
apply
|
Mengatur tampilan bidang koordinat dan kisi-kisinya, submenu
berikut:
Pilihan menampilkan sumbu
Pilihan menampilkan tanda strip pada sumbu
Jarak antara dua tanda strip
Pilihan menampilkan bilangan pada strip
tempat desimal yang diinginkan untuk
bilangan pada strip
pilihan jarak bilangan yang ditampilkan
pada strip (1= setiap strip)
pilihan menampilkan bilangan pada strip
dalam pi
pilihan menampilkan tanda panah pada ujung
sumbu koordinat
pilihan menampilkan tanda putus-putus pada
kisi koordinat
pilihan menampilkan label sumbu koordinat
mengatur panjang strip pada sumbu koordinat
pilihan menampilkan koordinat kartesius
siku-siku
pilihan menampilkan koordinat kutup
memerintahkan pilihan yang telah dilakukan
|
Axes
Axes
Color
Screen thickness
Printed thickness
Label font
|
Menampilkan dan mengatur pilihan sumbu koordinat, sub menu
berikut:
Menampilkan sumbu koordinat
Mengatur warna sumbu koordinat
Mengatur ketebalan sumbu koordinat
Mengatur ketebalan sumbu koordinat saat
diprint
Mengatur font label label sumbu koordinat
|
Gridlines
Color
Screen thickness
Printed thickness
|
Memodifikasi ketebalan dan warna ruas kisi-kisi bidang koordinat
Mengatur warna kisi koordinat
Mengatur ketebalan kisi koordinat
Mengatur ketebalan kisi koordinat saat
diprint
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu View
|
1.3.11
Anim
Menu Anim digunakan
untuk menjalankan animasi
yang telah dibuat.
Bentuk animasi tergantung pada perintah lain yang dimasukan seperti pada
menu Transf. Keterangan tentang
menu Anim dapat
dilihat dalam Tabel
1.3.11 di bawah ini.
Tabel 1.3.11 Menu Anim pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
# slider
Set L
Set R
reverse
cycle
forward
time
vert at
stop at
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan
# slider, dengan submenu berikut
Mengatur nilai parameter paling kecil /
paling kiri (untuk
slide bar)
Mengatur nilai parameter paling besar /
paling kanan (untuk
slide bar)
Menjalankan animasi dengan mode mundur
secara bolakbalik
Menjalankan animasi dengan mode maju secara
bolak-balik
Menjalankan animasi dengan mode berulang
secara terus
menerus
Menjalankan animasi dengan menurut waktu (1
unit perdetik)
Mengatur titik yang akan mempunyai jejak
dalam animasi
Menghentikan animasi pada parameter
tertentu yang diberikan.
|
$ slider
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan
$ slider.
|
@ slider
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan
@ slider.
|
& Slider
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan
& slider.
|
% slider
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan
% slider.
|
? slider
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan
? slider.
|
t slider
|
Mengatur dan menjalankan animasi yang
dibuat menggunakan t
slider.
|
Calibrate scrollbar
|
Mengatur langkah gerakan scrollbar pada menu Anim.
|
Autopilot link
|
Menjalankan dua atau lebih slider bersama-sama.
|
Tracing
|
Mengatur jejak hasil suatu gerakan titik pada animasi
|
Retrace
|
Menggambar kemabali semua tracing yang sudah
dibuat
|
Monitor tracings
|
Melihat kembali tracing
yang telah dilakukan
|
Temporary tracing
|
Membuat hasil tracing yang sifatnya sementara (tidak disimpan)
|
Color
|
Memberi warna jejak pada tracing yang
dibuat
|
Graph window
|
Menampilkan jendela graph
window (hanya dapat difungsikan
jika paling sedikit ada dua ukuran pada menu meas yang dilawankan)
|
Help
|
Menampilkan
informasi tentang menu Anim
|
1.3.12
Other
Menu other memuat
beberapa sub menu
tambahan yang berisi
aksesoris tampilan. Keterangan lebih lengkap tentang menu Other dapat
dilihat dalam Tabel 1.3.12 di bawah ini.
Tabel 1.3.12 Menu Other pada jendela 2-dim
Submenu
|
Fungsi
|
List
|
Menampilkan daftar unsur-unsur yang terdapat dalam bangun datar
yang telah kita buat antara lain titik-titik, ruas garis, lingkaran,
langkah-langkah pengerjaan dan membuat catatan.
|
Point
Lines
Circles
History
Notebook
|
Menampilkan koordinat titik yang telah
dibuat
Menampilkan persamaan garis yang telah
dibuat
Menampilkan titik pusat panjang jari-jari
dan persamaan lingkaran yang telah dibuat
Menampilkan keterangan tentang pengerjaan
yang telah dilakukan
Membuat catatan
|
3D solid
|
Melukis prisma atau limas dengan segibanyak yang
ditentukansebagai alas
|
Prism
Pyramid
|
Menggambar prisma dengan bangun datar yang
dipilih sebagai alas
Menggambar limas dengan bangun datar yang
dipilih sebagai alas
|
Fonts
|
Mengatur font yang ingin ditampilkan pada submenu berikut
|
Measurements
ASCII values
Tables and lists
Scale on axes
Pi symbol
|
Mengatur font untuk measurement
Mengatur nilai ASCII untuk simbol-simbol tertentu
Mengatur font untuk tables dan list
Mengatur font untuk bilangan pada sumbu
koordinat
Mengatur nilai ASCII untuk simbol pi
|
Colors
Background
Bounce
Measurement
Dotted lines
Color them
Fill mix modes
_ Opaque
_ XOR
_ Not
XOR
_ Lunch
|
Memilih warna yang kita inginkan pada submenu berikut:
Memilih warna latar belakang
Memilih warna bounce
Memilih warna untuk font measurement
Memilih warna untuk garis putus-putus
(tidak ada
keterangan)
(tidak ada
keterangan)
(tidak ada keterangan)
(tidak ada
keterangan)
(tidak ada
keterangan)
(tidak ada
keterangan)
|
Measurement
Home positions
Show unit
|
Mengatur letak tampilan dan satuaan ukuran dari menu meas, submenu berikut
Mengatur letak tampilan besaran dari meas
di posisi awal (kiri atas)
Menampilkan satuaan besaran dari meas.
|
Data
Collect
Inspect
Width
Zero
|
Menyimpan data measurement hasil dari perubahan parameter dalam
bentuk data array.
Mengumpulkan data
Menampilkan data
Mengatur panjang karakter data
Menghapus data
|
Negative angle
|
Mengatur besar sudut dalam ukuran negatif
|
CCL angles
|
Mengatur arah sudut dalam arah berlawanan arah jarum jam
|
Autoextend
|
Memperpanjang ruas garis hingga nampak berpotongan dengan garis
lain
|
Replay in slow motion
|
Menampilkan kembali proses pengerjaan yang telah dilalukan
|
Bounce
|
Menampilkan jejak pantulan bola dengan vector asal tertentu
|
Thicken print
|
Mengatur ketebalan tambahan saat di-print
|
Solid arrowheads
|
Menampilkan ujung panah yang tegas
|
Simulprint
|
Mencetak beberapa file sekaligus
|
PiCTeX file
|
Mengubah file ke dalam ekstensi *.tex
|
Help
|
Menampilkan informasi tentang menu Other
|
1.3.13
Help
Menu help
menampilkan beberapa catatan
umum tentang program
Wingeom untuk geometri dimensi dua (2-dim).1.4 Fasilitas Program Wingeom 3-dim. Jendela 3-dim,
(program Wingeom untuk
geometri dimensi tiga), menyediakan beberapa menu
yang dapat dilihat
dalam tampilan pada
Gambar 1.2.5 di atas. Ada 13 menu dalam jendela 3-dim, yang akan dibahas
secara ringkas berikut ini.
PENGOPERASIAN
WINGEOM 2 DIMENSI
PRAKTIKUM
1
1.1 Titik, Garis dan Sudut
1.1.1
Menggambar sembarang titik
Untuk menggambar
titik terlebih dulu
harus diaktifkan fungsi
klik untuk Segment,
dengan cara:
Klik Btns
> Segments ATAU
Klik Btns > Toolbar, maka akan muncul jendela
toolbar, kemudian pilih submenu Segments. Kemudian lakukan klik
kanan pada bidang gambar di
tempat yang diinginkan,
maka akan muncul
noktah dan label (huruf) dari titik yang dibuat. Kondisi
awal noktah berupa lingkaran kecil lubang. Lakukan beberapa
kali untuk membuat
beberapa titik.
Contoh hasil pengerjaan dapat dilihat pada Gambar 2.1.1
berikut.
Gambar
1.1.1 Menggambar Titik
Menggambar titik
dengan lokasi tertentu dapat dilakukan
dengan memberikan
koordinatnya, dengan cara:
Klik Point
> Coordinate, maka akan
muncul subjendela untuk
mengisikan nilai x dan y. Dalam
cara ini sumbu koordinat akan otomatis
tampil. Tampilan koordinat
dapat diatur melalui
menu View > Grid.
Untuk
mengubah bentuk noktah dapat dilakukan:
Klik Edit
> Labels > Dot mode,
ATAU dengan menekan Ctrl+D
pada keybord.
Lakukan berulang-ulang sampai untuk
memilih bentuk noktah
yang diinginkan.
Untuk mengubah
font label:
Klik Edit
> Labels > Font, akan muncul jendela vertex label,
pilih font yang diinginkan.
Untuk mengubah
warna label:
Klik Edit > Labels > Color, akan muncul jendela label, pilih warna yang
diinginkan, dengan cara klik pada warna.
Agar
Label titik dapat digeser dengan kursor dengan cara:
Klik Btns
> Toolbar, kemudian pilih Text Edit.
Kemudian klik
pada label, tahan
sambil digeser ke tempat yang
diinginkan. Hal ini kadang diperlukan kalau label tertutup gambar yang lain,
yang mungkin akan
dijumpai pada bagian
selanjutnya.
Gambar 1.1.2 berikut
memberikan contoh modifikasi tampilan
di atas dengan font
arial, warna hitam dan besar font
14.
Gambar
2.1.2 Menggambar Titik yang dimodifikasi
Menghapus titik.
Untuk menghapus
titik dapat dilakukan
dengan:
Klik Edit > Delete > Point
, ketikan label titik yang akan di hapus pada kotak dialog (bisa satu demi satu
atau beberapa sekaligus), lalu klik
ok.
Dalam proses
menggambar kita tidak
selalu harus menghapus titik yang sudah digambar kalau melakukan
kesalahan atau hal yang tidak inginkan, tetapi dapat menggunakan klik Edit
> Undo atau Ctrl Z.
1.1.2
Menuliskan Text
Menuliskan
text pada gambar kadang diperlukan untuk memberikan judul maupun keterangan-keterangan yang
diperlukan. Untuk menuliskan
text terlebih dulu harus
diaktifkan fungsi klik
untuk text edit,
dengan cara:
Klik Btns > Text ATAU
Klik Btns > Toolbar, maka
akan muncul jendela
toolbar, kemudian pilih submenu text edit.
Lakukan klik
kanan di lokasi
yang diinginkan pada bidang
gambar, maka akan muncul jendela edit
text.
Isikan text
yang diinginkan pada tempat
bagian atas, pilih
font yang diinginkan
dengan klik font, klik
ok.
Gambar
1.1.3 berikut memberikan contohnya.
Gambar
1.1.3 Menuliskan Teks
Text
yang muncul dapat digeser dengan klik pada text, tahan dan geser ke tempat yang diinginkan. Untuk
menghapus text, klik
kanan pada text,
kemudian hapus text pada jendela, klik ok.
1.1.3
Menggambar Ruas Garis
Pastikan
submenu Segments pada submenu Btns sudah aktif, dengan cara:
Klik Btns
> Segments ATAU
Klik Btns
> Toolbar, maka akan muncul jendela toolbar, kemudian pilih submenu
segments.
Dari
sembarang dua titik yang sudah dibuat
dapat dilukis ruas
garis dengan cara:
Klik pada
salah satu titik,
tahan dan geser hingga
ujung mouse menyentuh
titik lainnya lalu
lepaskan. Cara lain
yang dapat dilakukan adalah:
Klik Line
> Segment, muncul jendela new segment, lalu isikan dua titik yang
dimaksud (misalkan: AB).
Untuk
mengubah tebal, warna dan bentuk ruas garis dapat dilakukan dengan cara:
Klik Edit
> Highlights > Line attributes, akan muncul
jendela line attributes.
Isikan pada lines dengan
label garis yang diinginkan, misalkan
AB,
Isikan pada thickness dengan
bilangan 1 atau
2 atau 3 dan
seterusnya,
Klik color, akan
muncul jendela color,
pilih warna yang diinginkan,
Klik style
untuk bentuk yang diinginkan, di samping tombol style akan muncul tulisan
berganti-ganti: solid (tegas), doted (titik-titik), dashed (strip-strip),
dot-dash (titik-strip), dot-dash-dot (titik-strip-titik) dan invisible (tidak nampak).
Pilihan style ini
akan berfungsi untuk
selain bentuk solid jika thickness berisi 1.
Contoh
hasilnya dapat dilihat pada Gambar 1.1.4 .
Menghapus ruas garis.
Untuk
menghapus ruas garis dapat dilakukan dengan:
Klik Edit
> Delete >Line , ketikan label garis yang akan di hapus
pada kotak dialog, misal: AB, lalu klik ok.
Gambar
1.1.4 Menggambar Ruas Garis
1.1.4
Menggambar Garis dan Sinar Garis
Menggambar sembarang
garis caranya seperti
saat kita menggambar
ruas garis. Pastikan submenu Line pada submenu Btns sudah
aktif, caranya seperti saat kita
mengaktifkan menu Segments.
Dari sembarang
dua titik yang
sudah dibuat dapat dilukis
ruas garis dengan
cara:
klik pada
salah satu titik,
tahan dan geser hingga ujung mouse menyentuh titik
lainnya lalu lepaskan.
Perhatian: jangan
melepaskan klik, sebelum
ujung mouse menyentuh
titik yang lain, meskipun garis
yang muncul sudah menyentuh titik yang lain.
Cara
lain yang dapat dilakukan adalah:
Klik Line > Line, muncul
jendela new line, lalu
isikan pada make a list dengan
dua titik yang
dimaksud (misalkan: AB).
Gambar 1.1.5 berikut
memberikan contoh hasil menggambar untuk garis AB dan sinar garis CD.
Untuk menebalkan atau
memberi warna pada
garis atau sinar
garis dapat dilakukan seperti
pada ruas garis.
Gambar
1.1.5 Menggambar Garis dan Sinar Garis
1.1.5
Menggambar Dua Garis Sejajar
Menggambar
dua garis sejajar dapat dilakukan dengan cara berikut.
Mula-mula lukislah sebuah garis,
misalkan garis AB.
Lukislah sembarang
titik di luar garis
tersebut, misalkna titik
C.
Selanjutnya dilukis
garis yang sejajar
garis AB dan melalui
titik C, dengan
cara: klik: Line > Parallels, maka
muncul jendela draw parallel.
Isilah
parallel to dengan AB dan through point dengan C, lalu klik draw.
Kita
peroleh garis CD yang sejajar dengan garis AB, seperti pada Gambar 1.1.6
berikut.
Gambar
1.1.6 Menggambar Dua Garis Sejajar
1.1.6
Menggambar Dua Garis Berpotongan Saling Tegaklurus
Menggambar dua
garis berpotongan tegaklurus
dapat dilakukan dengan cara
berikut.
Mula-mula lukislah
sebuah garis, misalkan
garis AB.
Lukislah
sembarang titik di
luar garis tersebut,
misalkan titik C.
Selanjutnya dilukis
garis yang memotong tegaklurus garis AB dan melalui titik C, dengan
cara: klik Line > Perpendicular > general, maka muncul
jendela draw perpendicular.
Isilah
perpendicular to dengan
AB dan through point
dengan C, lalu
klik draw.
Kita
peroleh garis CD
yang tegaklurus dengan
garis AB, seperti
pada Gambar 1.1.7 berikut.
Gambar
1.1.7 Menggambar Dua Garis Berpotongan Tegaklurus
1.1.7
Menggambar Sudut
Setelah kita
dapat menggambar ruas
garis maka kita
dapat menggambar sudut, yaitu
dengan menggambar dua ruas garis di mana salah satu titiknya sama.
Untuk menandai
sudut dapat dilakukan
dengan:
Klik Edit
> Highlights > Markings,
akan muncul jendela
markings,
Ketik nama
sudut yang diinginkan (misalkan BAC),
Pada
type pilihlah angle arc, pilihlah banyak (number) dan besar (rel size)
tanda, lalu klik mark.
Contoh
hasilnya dapat dilihat dalam Gambar 1.1.8 berikut.
Gambar
1.1.8 Menggambar Sudut
Untuk
menghapus tanda yang sudah dibuat, dapat dilakukan dengan:
Klik Edit
>Highlights > Markings, akan
muncul jendela markings.
Kemudian klik daftar catatan tanda yang sudah dilakukan
pada jendela, lalu klik delete one.
Klik delete
all untuk menghapus semua tanda yang sudah dibuat.
Untuk
menampilkan ukuran sudut yang sudah dibuat dapat dilakukan dengan :
Klik Meas, akan
muncul jendela measurements,
Pada jendela
measurements ketik : <ABC, lalu
tekan enter, maka
text besar sudut
akan tampil sudut
kiri atas pada jendela gambar.
Text
measurement dapat digeser
dengan cara seperti menggeser text atau label.
Font
dan Warna hasil measurement dapat diatur dengan cara klik: Btns > Text,
kemudian klik kanan klik font pada jendela edit text.
Untuk menghapusnya
dapat dilakukan dengan
menampilkan jendela
measurement dengan klik Meas,
pilih (dengan klik
pada besaran yang
ingin dihapus, pada jendela
tersebut), kemudian klik delete.
Contoh hasilnya
dapat dilihat dalam Gambar 1.1.9 berikut.
Gambar
1.1.9 Menampilkan Ukuran Sudut
1.1.8
Membagi Sudut Menjadi Dua Bagian Sama Besar
Untuk
membagi sudut menjadi
dua bagian yang
sama dapat dilakukan dengan cara:
Klik : Line > Angles > Bisect old, muncul jendela bisect angles,
Pada make
a list isikan dengan label sudut
yang akan dibagi, klik ok.
1.1.9
Menggambar Sudut Dengan Besar Sudut Tertentu
Untuk
menggambar sudut dengan besar sudut tertentu dapat dilakukan sebagai berikut:
Mula-mula lukislah
sembarang ruas garis
sebagai salah satu
kaki sudut, misalkan ruas garis AB.
Untuk
membuat kaki sudut yang lain dengan besar sudut tertentu: klik Line >
Angles > New angles, akan muncul jendela draw angle,
Isilah
initial ray dengan AB
dan angle size dengan besar
sudut yang diinginkan
dalam satuan derajat, misalkan 60, lalu klik draw, maka akan diperoleh
garis AC sebagai kaki sudut yang
lain.
Untuk menggambar
ruas garis AC,
hapuslah garis AC dengan cara
klik Edit > Delete > Line, muncul jendela line
deletion, pada make a list ketikkan AC,
klik ok, maka garis
akan terhapus tetapi
titik A dan
C tidak terhapus.
Buatlah ruas
garis AC, maka
didapat sudut BAC,
yang besarnya 600.
Gambar
1.1.10 berikut:
Gambar 1.1.10 Menggambar Sudut dengan besar tertentu
1.1.10 Dua Sudut Saling Berpenyiku
Untuk menggambar
sudut berpenyiku, terlebih dahulu
perlu dilukis sudut siku-siku. Cara menggambarnya dapat
dilakukan dengan dengan cara seperti pada menggambar sudut dengan besar sudut
tertentu seperti di atas dengan memberikan besar sudut 900.
Cara
lain yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut.
Mula-mula
lukislah sembarang ruas garis, misalkan ruas garis AB. Kemudian lukis garis
yang tegak lurus AB dan melalui
A, dengan cara:
klik: Line > Perpendiculars
> General, muncul jendela draw perpendicular, ketik pada perpendicular to
dengan AB dan pada through
point dengan A,
lalu klik draw, maka
akan muncul garis yang dimaksud, yaitu garis AC.
Untuk
menggambar ruas garis AC, hapuslah garis AC
dengan cara seperti
pada menggambar sudut.
Buatlah ruas
garis AC, maka didapat
sudut siku-siku BAC.
Untuk menandai sudut
siku-siku dapat dilakukan dengan cara
menandai sudut, tetapi
dengan memilih type:
perp bracket.
Selanjutnya lukis
sembarang titik di
dalam daerah sudut
siku-siku tadi, misalkan titik
D, lukislah ruas
garis AD, maka
akan diperoleh sudut CAD
dan DAB yang saling berpenyiku, seperti dalam Gambar
1.1.11 berikut:
Gambar 1.1.11 Menggambar dua Sudut yang saling berpenyiku
Tugas 1 :
Buatlah
program untuk konsep sifat-sifat garis dan sudut. Gambarlah dua garis sejajar, misalkan garis
AB dan CD
yang dipotong garis
EF beserta titik-titik
potongnya dengan cara seperti
yang telah dijelaskan
di atas. Sudut-sudut
yang sehadap, dalam berseberangan, luar
berseberangan, dalam sepihak
dan luar sepihak
dapat dilukiskan dengan memberikan
tanda sudut yang
sama. Di samping
itu dengan menampilkan ukurannya
melalui menu Meas. Contoh seperti
gambar di bawah ini: (Ukuran sudut tidak harus sama seperti contog gambar)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar